Kamis, 19 Juni 2008

tugas psikologi pendidikan

Carilah informasi singkat tentang filsafat :ESENSIALISM, PROGRESIVISM, KONSTRUKTIVISM
Yang mempengaruhi pendidikan pada saat ini !

A. Esensialism :Aliran esensialisme merupakan aliran pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia, esensialisme muncul pada zaman Renaisance dengan ciri-cirinya yang berbeda pada progresivisme.dasar pijakan aliran pendidikan ini lebih fleksibel dan terbuka untuk perubahan , toleran dan tidak ada keterkaitan dengan doktrin tertentu.Tujuan aliran esensialism ini adalah membentk pribadi bahagia di dunia dan akhirat. Isi pendidikannya merupakan ilmu pengetahuan, kesennian dan segala hal yang mampu menggerakan manusia. Kurikulum sekolah bagi esensialisme sebagai miniatur dunia yang dijadikan sebagai ukuran kenyataan, kebenaran dan keagungan.Dalam sejarah perkembangannya , kurikulum esensialisme menerapkan berbagai pola idealisme dan realisme.

B. Progresivisme : Aliran ini mengakui dan berusaha mengembangkan asas progersifisme dalam semua realita kehidupan, agar manusia bisa survice menghadapi semua tantangan hidup.Dinamakan instrumentalisme, karena aliran ini beranggapan bahwa kemampuan intelegensi manusia manusia sebagai alat untuk hidup, untik kesejahteran mengembangkan kepribadian manusia, dainamakan experimentalisme karena aliran ini menyadari dan memperaktikan asa experimen untuk menguji suatu teori, Dan dinamakan environmentalis karena aliran ini menganggap lingkungan hidup mempengaruhui pembinaan kepribadian (Muhammad noor Syam, 1987 : 228-229)Aliran progresivisme memiliki ekmjuan dalam bidang ilmu pengetahuan meliputi ilmu hayat, bahwa manusia mengetahui masalah kehidupan : antropologi, bahwa manusia mempunyai pengalaman \, penciptaan budaya, dengan demikian dapat mencari hal baru; Psikologi, bahwa manusia akan berfikir tentang diriny sendiri, lingkungan, pengalaman,sifat-sifat alam, dan dapat menguasai dan mengatur alam.

C. Konstruktivisme : Kata ini berasal dari bahas inggris rekkonstruct yang berati menyusun kembali. Dalam konteks filsafat pendidikan aliran rekontruktivisme mer upakan suatu aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dengan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak moderen. Tujuannya adalah meningkatkan dan membangun kembali masyarakat yang bernartabat.Rekonseptualisasi dengan berdialog untuk mempertanyakan masalah moral, spritual dan menggunakan car-cara intutif dalam penembangan kurikulum, yang berkurikulum kepada reformasi pembudayaan masyarakat dan lebih memilih standar internasional untuk memperbaiki warisan budaya dengan lebih kritis.

Tidak ada komentar: